BELAJAR YUK! Episode 2 “Kegiatan
Sehari-hari”
Konnichiwa
JOC-san! O-genki desu ka? Semoga JOC-san dalam keadaan sehat dan semangat :-)
Ini
dia lanjutan episode BELAJAR YUK yang lalu. Di episode yang lalu Ichibun udah
kasih pelajaran tentang cara menyusun kalimat bahasa Jepang. Masih ingat kan
formasinya? SKOP ama KaSOP. Nah, pertemuan BELAJAR YUK episode 1 kita sudah
belajar 4 kata kerja bentuk –masu dan –masen dari 10 kata kerja di tema
“Kegiatan Sehari-hari”. Keempat kata kerja yang udah dibahas yaitu Okimasu, Ofurimasu, Tabemasu, dan Nomimasu. Ichibun juga udah tunjukin
gimana caranya nyusun kalimat dengan 3 model yaitu positif(+), negatif(-), dan
interogatif/tanya(?).
Yosh!
Sesuai janji, Ichibun akan bahas sisa kata kerja yang lainnya, yaitu
kata kerja nomor 5 sampai dengan 10. Kata kerjanya yaitu Ikimasu, Oshiemasu, Kaerimasu, Benkyoushimasu, Yomimasu, dan Nemasu. Check this out! :-)
Kata Kerja Ke-5:
5. Ikimasu
(+) Kyou, Ane wa gozen
hachiji ni gakkou e ikimasu.
Hari ini, kakakku(cewek) pergi ke sekolah pada pukul 8 pagi.
(-) Kyou, Ane wa gakkou e
ikimasen.
Hari ini, kakakku(cewek) tidak pergi ke sekolah.
(?) Kyou, Oneesan wa
gakkou e ikimasu ka?
Apakah hari ini kakakmu(cewek) pergi ke sekolah?
Hai, ikimasu.
Iie, ikimasen.
(?) Kyou, Oneesan wa doushite
gakkou e ikimasen ka?
Mengapa hari ini kakakmu tidak masuk sekolah?
Jawaban: Byouki-no kara
desu. (karena sakit.)
Catatan: Jawaban untuk pertanyaan Doushite
yang artinya “Mengapa?” adalah ...kara
desu. Sedangkan Byouki-no adalah
kata kerja yang artinya “sakit”. Terbentuk dari kata benda Byouki (penyakit) ditambah partikel no, sehingga kata benda itu berubah menjadi kata kerja. (Lihat
penjelasan dalam posting JOC yg berjudul “Macam-macam Partikel Bhs Jepang”)
Kata Kerja Ke-6:
6. Oshiemasu
(+) Takada-sensei wa
kyoushitsu ni nihon-go ga oshiemasu.
Guru Takada mengajar bahasa Jepang di kelas.
Catatan: Kalimat diatas menggunakan
formasi SKOP. Dengan keterangan sebagai berikut:
Subjek = Takada-sensei (Guru Takada)
Keterangan (tempat) = kyoushitsu (ruang kelas)
Objek = nihon-go (bahasa Jepang)
Predikat = Oshiemasu (mengajar)
(-) Kyou, Takada-sensei wa
nihon-go ga oshiemasen.
Hari ini Guru Takada tidak mengajar bahasa Jepang.
Catatan: Kalimat diatas menggunakan
formasi KaSOP. Dengan penjabaran sebagai berikut:
Keterangan (waktu) = Kyou (Hari ini)
Subjek = Takada-sensei
Objek = Nihon-go
Predikat = Oshiemasu
(?) Takada-sensei wa
kyoushitsu ni nihon-go ga oshiemasu ka?
Apakah Guru Takada mengajar bahasa Jepang di kelas?
Hai, oshiemasu.
Iie, oshiemasen.
(?) Kyou, Takada-sensei wa
doushite nihon-go ga oshiemasen ka?
Mengapa Guru Takada tidak mengajar bahasa Jepang hari ini?
Jawaban: Byouki-no kara
desu. (karena sakit.)
Kata Kerja Ke-7
7. Kaerimasu
(+) Watashi wa gozen
juuniji ni ie o kaerimasu.
Saya pulang ke rumah pada pukul 12 siang.
(-) Watashi wa gozen
juuniji ni ie o kaerimasen.
Saya tidak pulang ke rumah pada pukul 12 siang.
(?) Kimi wa gozen juuniji
ni ie o kaerimasu ka?
Apakah kamu pulang ke rumah pada pukul 12 siang?
Hai, kaerimasu.
Iie, kaerimasen.
(?) Kimi wa doushite ie o
kaerimasen ka?
Mengapa kamu tidak pulang ke rumah?
Jawaban: Hoshuu ga aru
kara desu.
Karena saya ada les/pelajaran tambahan
Catatan: ...GA ARU berarti “ada ...”. GA ARU
merupakan bentuk dasar dari kata GA ARIMASU. Aru/arimasu digunakan untuk benda mati. Seperti contoh diatas yaitu
kata hoshuu (les). Sedangkan Iru/imasu digunakan untuk benda hidup,
contoh: manusia, hewan dan tumbuhan.
Kata Kerja Ke-8:
8. Benkyoushimasu
(+) Boku wa ani to issho shinshitsu
ni nihon-go o benkyoushimasu.
Aku belajar bahasa Jepang bersama kakakku(cowok) di kamar.
(-) Boku wa ani to issho
shinshitsu ni nihon-go o benkyoushimasen.
Aku tidak belajar bahasa Jepang bersama kakakku di kamar.
(?) Ichigo-san wa oniisan
to issho nihon-go o benkyoushimasu ka?
Apakah kamu(Ichigo) belajar bahasa Jepang bersama kakakmu?
Hai, issho ni benkyoushimasu.
(Ya, belajar sama-sama)
Iie, issho ni
benkyoushimasen. Hitori desu. (Tidak, saya belajar sendiri)
(?) Ichigo-san wa oniisan
to issho doko ni nihon-go o benkyoushimasu ka?
Kamu belajar bahasa Jepang bersama kakakmu dimana?
Jawab: Shinshitsu desu.
(di kamar)
(?) Ichigo-san wa oniisan
to issho nani o benkyoushimasu ka?
Kamu belajar apa bersama kakakmu?
Jawab: Nihon-go o
benkyoushimasu. (belajar bhs.Jepang)
(?) Ichigo-san wa dare
to issho nihon-go o benkyoushimasu ka?
Kamu belajar bahasa Jepang bersama siapa?
Jawab: Ani to issho desu.
(bareng sama kakakku)
Kata Kerja Ke-9:
9. Yomimasu
(+) Chichi wa shinbun o
yomimasu.
Ayahku membaca koran.
(-) Chichi wa shinbun o
yomimasen.
Ayahku tidak membaca koran.
(?) Otousan wa shinbun o
yomimasu ka?
Apakah ayahmu membaca koran?
Hai, yomimasu.
Iie, yomimasen.
(?) Otousan wa nani o
yomimasu ka?
Ayahmu membaca apa?
Jawab: Shinbun desu. /
Zasshi desu. / Hon desu.
Kata Kerja Ke-10:
10. Nemasu
(+) Watashi wa gogo kuji
ni nemasu.
Saya tidur pada jam 9 malam.
(-) Watashi wa gogo kuji
ni nemasen.
Saya tidak tidur pada jam 9 malam.
(?) Anata wa gogo kuji ni
nemasu ka?
Apakah kamu tidur pada jam 9 malam?
Hai, nemasu.
Iie, nemasen.
(?) Anata wa nanji ni
nemasu ka?
Jam berapa kamu tidur?
Jawab: Gogo kuji desu. (jam 9 malem)
Soal Latihan :-)
1.
Ibuku
tidak membaca koran. Dia membaca majalah.
Kata
kuncinya: YOMIMASU.
2.
Dia
(cowok) tidak pulang hari ini.
Kata
kuncinya: KAERIMASU.
3.
Apakah
Guru Eizen mengajar hari ini? Tidak, dia tidak mengajar. Karena sakit.
Kata
kuncinya: OSHIEMASU.
4.
Apakah
kamu suka belajar bahasa Jepang? Ya, saya suka.
Kata
kuncinya: BENKYOUSHIMASU dan SUKI.
5.
Nama
kakakku (cewek) adalah Ran. Dia pergi ke sekolah jam 10 pagi.
Kata
kuncinya: IKIMASU.
6.
Ayahmu
tidur jam berapa?
Kata
kuncinya: NEMASU.
7.
Kakakmu
(cowok) sedang membaca apa? Koran.
Kata
kuncinya: NANI.
Yosh!! Dengan tercapainya
kesepuluh kata kerja yang udah Ichibun bahas, maka berakhir pula pelajaran
untuk tema “Kegitan Sehari-hari”. Eits, tapi latihan dirumahnya tetep harus
lanjut ya.. JOC-san bisa berlatih membuat kalimat dengan mengerjakan soal
latihan yang udah Ichibun kasih diatas. Gimana? Pasti bisa kan? :-)
Selamat mencoba di rumah
ya JOC-san! :-) Kalo ada kesulitan, silahkan bertanya dengan cara kasih
komentar kamu di bawah postingan ini ato bisa lewat group facebook JOC di
@Japanese Otodidak Club (JOC).
Jya, mata aimashou..
Sampai ketemu lagi di BELAJAR YUK selanjutnya ya.. dengan tema yang baru dan
pastinya seru!! :-)
Salam JOC,
Ichibun --DM