Japanese Otodidak Club

Japanese Otodidak Club
Issho ni Nihon-Go o benkyoushimashou

Senin, 15 Juli 2013

Episode 2 BELAJAR YUK


BELAJAR YUK! Episode 2 “Kegiatan Sehari-hari”
Konnichiwa JOC-san! O-genki desu ka? Semoga JOC-san dalam keadaan sehat dan semangat :-)
Ini dia lanjutan episode BELAJAR YUK yang lalu. Di episode yang lalu Ichibun udah kasih pelajaran tentang cara menyusun kalimat bahasa Jepang. Masih ingat kan formasinya? SKOP ama KaSOP. Nah, pertemuan BELAJAR YUK episode 1 kita sudah belajar 4 kata kerja bentuk –masu dan –masen dari 10 kata kerja di tema “Kegiatan Sehari-hari”. Keempat kata kerja yang udah dibahas yaitu Okimasu, Ofurimasu, Tabemasu, dan Nomimasu. Ichibun juga udah tunjukin gimana caranya nyusun kalimat dengan 3 model yaitu positif(+), negatif(-), dan interogatif/tanya(?).
Yosh! Sesuai janji, Ichibun akan bahas sisa kata kerja yang lainnya, yaitu kata kerja nomor 5 sampai dengan 10. Kata kerjanya yaitu Ikimasu, Oshiemasu, Kaerimasu, Benkyoushimasu, Yomimasu, dan Nemasu. Check this out! :-)

Kata Kerja Ke-5:
5. Ikimasu
(+) Kyou, Ane wa gozen hachiji ni gakkou e ikimasu.
Hari ini, kakakku(cewek) pergi ke sekolah pada pukul 8 pagi.

(-) Kyou, Ane wa gakkou e ikimasen.
Hari ini, kakakku(cewek) tidak pergi ke sekolah.

(?) Kyou, Oneesan wa gakkou e ikimasu ka?
Apakah hari ini kakakmu(cewek) pergi ke sekolah?
Hai, ikimasu.
Iie, ikimasen.

(?) Kyou, Oneesan wa doushite gakkou e ikimasen ka?
Mengapa hari ini kakakmu tidak masuk sekolah?
Jawaban: Byouki-no kara desu. (karena sakit.)
Catatan: Jawaban untuk pertanyaan Doushite yang artinya “Mengapa?” adalah ...kara desu. Sedangkan Byouki-no adalah kata kerja yang artinya “sakit”. Terbentuk dari kata benda Byouki (penyakit) ditambah partikel no, sehingga kata benda itu berubah menjadi kata kerja. (Lihat penjelasan dalam posting JOC yg berjudul “Macam-macam Partikel Bhs Jepang”)

Kata Kerja Ke-6:
6. Oshiemasu
(+) Takada-sensei wa kyoushitsu ni nihon-go ga oshiemasu.
Guru Takada mengajar bahasa Jepang di kelas.
Catatan: Kalimat diatas menggunakan formasi SKOP. Dengan keterangan sebagai berikut:
Subjek = Takada-sensei (Guru Takada)
Keterangan (tempat) = kyoushitsu (ruang kelas)
Objek = nihon-go (bahasa Jepang)
Predikat = Oshiemasu (mengajar)

(-) Kyou, Takada-sensei wa nihon-go ga oshiemasen.
Hari ini Guru Takada tidak mengajar bahasa Jepang.
Catatan: Kalimat diatas menggunakan formasi KaSOP. Dengan penjabaran sebagai berikut:
Keterangan (waktu) = Kyou (Hari ini)
Subjek = Takada-sensei
Objek = Nihon-go
Predikat = Oshiemasu

(?) Takada-sensei wa kyoushitsu ni nihon-go ga oshiemasu ka?
Apakah Guru Takada mengajar bahasa Jepang di kelas?
Hai, oshiemasu.
Iie, oshiemasen.

(?) Kyou, Takada-sensei wa doushite nihon-go ga oshiemasen ka?
Mengapa Guru Takada tidak mengajar bahasa Jepang hari ini?
Jawaban: Byouki-no kara desu. (karena sakit.)

Kata Kerja Ke-7
7. Kaerimasu
(+) Watashi wa gozen juuniji ni ie o kaerimasu.
Saya pulang ke rumah pada pukul 12 siang.

(-) Watashi wa gozen juuniji ni ie o kaerimasen.
Saya tidak pulang ke rumah pada pukul 12 siang.

(?) Kimi wa gozen juuniji ni ie o kaerimasu ka?
Apakah kamu pulang ke rumah pada pukul 12 siang?
Hai, kaerimasu.
Iie, kaerimasen.

(?) Kimi wa doushite ie o kaerimasen ka?
Mengapa kamu tidak pulang ke rumah?
Jawaban: Hoshuu ga aru kara desu.
Karena saya ada les/pelajaran tambahan
Catatan: ...GA ARU berarti “ada ...”. GA ARU merupakan bentuk dasar dari kata GA ARIMASU. Aru/arimasu digunakan untuk benda mati. Seperti contoh diatas yaitu kata hoshuu (les). Sedangkan Iru/imasu digunakan untuk benda hidup, contoh: manusia, hewan dan tumbuhan.

Kata Kerja Ke-8:
8.  Benkyoushimasu
(+) Boku wa ani to issho shinshitsu ni nihon-go o benkyoushimasu.
Aku belajar bahasa Jepang bersama kakakku(cowok) di kamar.

(-) Boku wa ani to issho shinshitsu ni nihon-go o benkyoushimasen.
Aku tidak belajar bahasa Jepang bersama kakakku di kamar.

(?) Ichigo-san wa oniisan to issho nihon-go o benkyoushimasu ka?
Apakah kamu(Ichigo) belajar bahasa Jepang bersama kakakmu?
Hai, issho ni benkyoushimasu. (Ya, belajar sama-sama)
Iie, issho ni benkyoushimasen. Hitori desu. (Tidak, saya belajar sendiri)

(?) Ichigo-san wa oniisan to issho doko ni nihon-go o benkyoushimasu ka?
Kamu belajar bahasa Jepang bersama kakakmu dimana?
Jawab: Shinshitsu desu. (di kamar)

(?) Ichigo-san wa oniisan to issho nani o benkyoushimasu ka?
Kamu belajar apa bersama kakakmu?
Jawab: Nihon-go o benkyoushimasu. (belajar bhs.Jepang)

(?) Ichigo-san wa dare to issho nihon-go o benkyoushimasu ka?
Kamu belajar bahasa Jepang bersama siapa?
Jawab: Ani to issho desu. (bareng sama kakakku)

Kata Kerja Ke-9:
9. Yomimasu    
(+) Chichi wa shinbun o yomimasu.
Ayahku membaca koran.

(-) Chichi wa shinbun o yomimasen.
Ayahku tidak membaca koran.

(?) Otousan wa shinbun o yomimasu ka?
Apakah ayahmu membaca koran?
Hai, yomimasu.
Iie, yomimasen.

(?) Otousan wa nani o yomimasu ka?
Ayahmu membaca apa?
Jawab: Shinbun desu. / Zasshi desu. / Hon desu.

Kata Kerja Ke-10:
10. Nemasu
(+) Watashi wa gogo kuji ni nemasu.
Saya tidur pada jam 9 malam.

(-) Watashi wa gogo kuji ni nemasen.
Saya tidak tidur pada jam 9 malam.

(?) Anata wa gogo kuji ni nemasu ka?
Apakah kamu tidur pada jam 9 malam?
Hai, nemasu.
Iie, nemasen.

(?) Anata wa nanji ni nemasu ka?
Jam berapa kamu tidur?
Jawab: Gogo kuji desu. (jam 9 malem)

Soal Latihan :-)
1.    Ibuku tidak membaca koran. Dia membaca majalah.
Kata kuncinya: YOMIMASU.
2.   Dia (cowok) tidak pulang hari ini.
Kata kuncinya: KAERIMASU.
3.   Apakah Guru Eizen mengajar hari ini? Tidak, dia tidak mengajar. Karena sakit.
Kata kuncinya: OSHIEMASU.
4.   Apakah kamu suka belajar bahasa Jepang? Ya, saya suka.
Kata kuncinya: BENKYOUSHIMASU dan SUKI.
5.   Nama kakakku (cewek) adalah Ran. Dia pergi ke sekolah jam 10 pagi.
Kata kuncinya: IKIMASU.
6.   Ayahmu tidur jam berapa?
Kata kuncinya: NEMASU.
7.   Kakakmu (cowok) sedang membaca apa? Koran.
Kata kuncinya: NANI.

Yosh!! Dengan tercapainya kesepuluh kata kerja yang udah Ichibun bahas, maka berakhir pula pelajaran untuk tema “Kegitan Sehari-hari”. Eits, tapi latihan dirumahnya tetep harus lanjut ya.. JOC-san bisa berlatih membuat kalimat dengan mengerjakan soal latihan yang udah Ichibun kasih diatas. Gimana? Pasti bisa kan? :-)

Selamat mencoba di rumah ya JOC-san! :-) Kalo ada kesulitan, silahkan bertanya dengan cara kasih komentar kamu di bawah postingan ini ato bisa lewat group facebook JOC di @Japanese Otodidak Club (JOC).

Jya, mata aimashou.. Sampai ketemu lagi di BELAJAR YUK selanjutnya ya.. dengan tema yang baru dan pastinya seru!! :-)

Salam JOC,
Ichibun --DM